Minggu, 24 Februari 2019

Kenapa bawang merah membuat kita menangis ?

  • Selka Oktamia
  • 04/01/2019 15:36 WIB
Kenapa bawang merah membuat kita menangis ?

EPSILONPHI.ID - Tahukah kamu apa penyebab mata terasa perih dan mengeluarkan air mata ketika kita mengiris bawang merah atau saat kita menghaluskannya di atas cobek? Penasaran? Begini penjelasannya.

Pada saat kita mengiris bawang atau saat kita menghaluskannya di atas cobek, sel-sel pada bawang akan pecah dan mengeluarkan enzim yang memproduksi senyawa asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propantiol S-oksida yang mudah menguap. Bila menguap, propantiol S-oksida akan mengiritasi kelenjar lakrimal dan memproduksi asam bernama asam sulfur dalam kadar ringan.  Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan. Otak kemudian mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan agar gas dan zat asam keluar dari mata, karena dianggap sebagai benda asing. Irwin Goldman, profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-Madison menerangkan, reaksi kimia tersebut merupakan upaya tanaman bawang untuk mengusir hama.

Namun, setelah irisan bawang tadi digoreng, maka tidak akan menyebabkan iritasi pada mata lagi karena enzim yang digunakan untuk memproduksi senyawa asam sulfenat tadi menjadi rusak setelah dimasak.

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan iritasi mata akibat bawang, kamu bisa menyimpan bawang di kulkas terlebih dahulu sebelum diiris supaya bawang dalam keadaan dingin.

Pada suhu dingin, reaksi akan berjalan lebih lambat sehingga gas yang diproduksi lebih sedikit. Cara lain, gunakan kacamata saat mengiris bawang atau buatlah jarak yang cukup jauh antara mata dengan bawang. Selamat mencoba!

Sumber: https://sains.me; https://www.vemale.com



  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close