Kamis, 27 Juni 2019

SBMPTN Bikin Stress? Tengok Gaokao, Seleksi Masuk Universitas Paling Sulit di Dunia

  • 12/03/2018 13:33 WIB
SBMPTN Bikin Stress? Tengok Gaokao, Seleksi Masuk Universitas Paling Sulit di Dunia
EPSILONPHI.ID - Seberapa susah soal-soal SBMPTN menurutmu? Biasa aja, susah, atau sangat susah? Jika menurutmu soal-soal yang diujikan dalam SBMPTN termasuk sangat susah hingga butuh waktu berbulan-bulan untuk belajar, mungkin kamu perlu tahu tentang ujian Gaokao. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional atau disebut dengan Gaokao, merupakan satu-satunya seleksi masuk universitas di Tiongkok. Seleksi ini terkenal sebagai sistem penerimaan paling ketat dan paling sulit di seluruh dunia.

Di Tiongkok, seleksi masuk ini merupakan salah satu ujian hidup mati bagi para pelajar. Dengan lolos menjadi mahasiswa PTN di Tiongkok, maka masa para mahasiswa akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pekerjaan yang mapan. Gagal dalam tes ini berarti kegagalan seumur hidup, pekerjaan yang rendah, penyesalan, bahkan tak sedikit yang menerima cacian.

Tingginya persaingan dan tekanan yang diberikan membuat para pelajar belajar mati-matian untuk lolos seleksi Gaokao. Bahkan di hari H, para orang tua rela untuk menyewa hotel terdekat dengan tempat ujian agar anak-anak mereka tidak terlambat datang ke tempat seleksi. 

Saking sulitnya, seleksi ini digelar sembilan jam selama dua hari dan sekali dalam setahun. Tes ini mengujikan beberapa subjek mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin. Selain itu, para peserta juga diwajibkan untuk memilih mata pelajaran tambahan untuk diujikan dalam Gaokao. 

Selain soal-soal yang dianggap sulit, ketatnya penyelenggaran tes ini juga menjadi hal yang diperhatikan. Pengawasan panitia agar para peserta tidak berbuat curang pun dilakukan dengan sangat ketat seperti pemasangan CCTV, detektor logam, hingga dipasangnya mesin pendeteksi sinyal. 

orang tua yang mengantar anaknya mengikuti Gaokao
Para orang tua yang mengantarkan anaknya sebelum ujian dimulai

Baca Juga : Mengapa Soal-soal TPA Diperlukan Dalam SBMPTN?

Ketatnya pengawasan ujian, juga membuat tekanan dalam seleksi menjadi lebih besar. Tentunya hal ini selain memberatkan juga dianggap sebagai penentu masa depan setiap pelajar di Tiongkok. Ditambah tidak ada seleksi mandiri atau ujian ulang jika melewatkan tes ini. 

Namun ini belum seberapa, bandingkan dengan presentase penerimaan universitas dengan pendaftar setiap tahunnya. Rata-rata pelajar yang lolos tes ini hanya sebesar 40 persen dari jumlah total peserta yang berjumlah 9,4 juta. Ini artinya hanya 3,2 juta pelajar yang lolos dan berhasil mendapatkan tempat di universitas.

Jumlah ini tentu juga menjadi salah satu hal yang membuat Gaokao akhirnya dinobatkan menjadi seleksi masuk universitas paling sulit di dunia. 

Awal Mula Gaokao

Seleksi ini awalnya merupakan ujian masuk bagi calon pegawai negeri di Tiongkok. Bahkan kabarnya, seleksi nasional serupa Gaokao sudah ada sejak jaman Dinasti Han tepatnya pada tahun 206 SM hingga tahun 220 M. Seleksi ini kemudian menjadi satu-satunya ujian masuk menjadi pegawai negeri dari abad ke-7 hingga tahun 1905.

Pada jaman tersebut, para siswa yang ingin menjadi pegawai negeri diwajibkan untuk mengikuti ujian dengan subjek yang diujikan adalah Sastra, filsafat Tiongkok, hingga pemahaman ajaran Konghuchu. 

Seleksi nasional yang terstandarisasi baru pertama kali dilaksanakan pada tahunn 1952, namun dihentikan 14 tahun kemudian atas perintah dari pemimpin saat itu, Mao Zedong. Baru pada tahun 1977, seleksi ini kembali dilaksanakan secara nasional dan serentak. Setelah tahun tersebut, pemerintah Tiongkok kemudian mengubah seleksi yang awalnya sebagai ujian masuk sebagai pegawai negeri menjadi seleksi masuk perguruan tinggi nasional yang diselenggarakan setiap tahun. 

Mengapa Gaokao disebut sebagai seleksi masuk paling sulit di dunia?

Ini karena Gaokao tidak hanya mengukur kemampuan akademik dan penalaran seperti halnya seleksi masuk di Indonesia dan beberapa negara, namun juga mengukur tingkat nalar dan kepribadian dengan berbagai esai yang sangat sulit. Perbedaan paling mendasar seleksi ini dengan SBMPTN adalah adanya soal-soal esai yang mengukur tingkat logika khususya di pelajaran bahasa Mandarin.

Tak hanya pelajar dan praktisi pendidikan saja yang menganggap ujian ini penting, pemerintah Tiongkok pun bahkan harus menutup semua jalan dan situs-situs konstruksi di sekitartempat diselenggarakannya seleksi agar pelajar yang sedang mengikuti ujian tidak terdistraksi. Hal lain yang membedakan Gaokao dengan SBMPTN adalah mata pelajaran yang diujikan. Selain mata pelajaran wajib seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin, siswa di Tiongkok juga bisa memilih mata pelajaran pilihan dari rumpun sains dan teknologi atau humaniora. 

para pelajar mempersiapkan diri untukGaokao
Para pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk Gaokao

Baca Juga : Strategi Khusus Mengerjakan Soal SBMPTN, Jangan Sampai Salah!

Bagi pelajar yang memilih rumpun pelajaran humaniora, pelajaran tambahan yang diujikan adalah Politik, Sejarah, dan Geografi. Sementara untuk yang memilih rumpun ilmu sains dan teknologi, merek akan dihadapkan dengan mata pelajaran yang diujikan antara lain Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Satu lagi yang membedakan soal Gaokao dengan SBMPTN adalah soal-soal esai yang dikenal sangat sulit. Setiap esai di soal ini dikenal sangat susah. Pertanyaan esai yang diberikanpun dibagi dan berbeda di setiap provinsi untuk meminimalisir kecurangan. Penasaran seberapa susahnya? Coba jawab soal esai Gaokao dari berbagai provinsi ini

1. Seorang ayah bertelepon ketika sedang berkendara di jalan raya. Anak perempuannya kemudian terus menerus memperingatkan sang ayah untuk menghentikan kegiatan tersebut, namun sang ayah tidak mendengarkan. Anak perempuannya kemudian segera menghubungi polisi dan melaporkan perbuatan sang ayah yang membuatnya mendapatkan teguran.

Pertanyaan : Buatlah artikel sepanjang 800 kata tentang ayah, anak atau polisi. (Soal esai Gaokao 2015)


2. Pilih dua atau tiga kata kunci yang mampu membantu anak muda di luar negeri mengerti dan mengambarkan tentang Tiongkok (China), seperti giant panda, tembok besar, makanan Cina, Opera Peking, Polusi Udara, Kereta Cepat, dll  (Soal Gaokao tahun 2017)


3. Tahun ini merupakan peringatan 40 tahun dimulanya kembali Gaokao. Seleksi ini telah memilih bakat-bakat terbaik Tiongkok, mendorong reformasi pendidikan dan perbaikan sosial, dan telah mencapai prestasi yang luar biasa. Tahun 1977 merupakan titik balik, dan hari ini anda bersaing dengan rekan-rekan anda dalam menyelesaikan Gaokao tahun ini. 

Pertanyaan : Tulis esai tentang "My Gaokao" atau "Gaokao in My Eyes" (Soal esai nasional tahun 2017)


4. Tulis esai berdasarkan kondisi ini

"Kita tidak bisa hidup tanpa kendaraan. Dalam berbagai kondisi, kendaraan telah menjadi saksi perkembangan perkembangan jaman dan kehangatan daam dunia ini. Kendaraan mencerminkan perubahan pikiran dan filosofi kehidupan." 

(Soal Gaokao provinsi Jiangsu tahun 2017)

ketatnya pengamanan Gaokao
Ketatnya pengamanan Gaokao sebelum memasuki ruang seleksi

Baca Juga : 5 Mitos Seputar SBMPTN yang Sebaiknya Nggak Kamu Percayai Lagi


5. Sebuah toko buku buka selama 24 jam sehari. Dalam dua tahun terakhir, banyak pelanggan yang pergi sebelum tengah malam, sementara yang lainnya datang setelah tengah malam. Diantara pelanggan tersebut terdapat penduduk sekitar yang gemar membaca pada malam hari, sejumlah mahasiswa yang belajar, pekerja migran, dan juga tuna wisma. 

Toko buku tersebut tidak pernah mengusir mereka. Pemilik toko berkata "beberapa orang dari pengunjung tersebut tertidur ketika membaca, tapi saat mereka membaca mereka adalah pelanggan kami. Kami merasa pekerjaan kami berarti, meski beberapa diantara mereka hanya masuk untuk sekedar beristirahat."

Pertanyaan : Tulis esai berdasarkan kondisi ini (Soal Gaokao provinsi Shandong tahun 2017).

6. Esai beijing tahun 2015

a. Big Essay

1. Tulis esai pada salah satu topik di bawah ini kurang lebih 700 kata

a. Ada banyak sekali pahlawan dalam sejarah Tiongkok yang patut dijadikan contoh. Tulislah esai dengan judul "Jika saya diberi kesempatan untukmenghabiskan satu hari dengan pahlawan." Pilih salah satu pahlawan dan bayangkan jika anda menghabiskan satu hari dengan mereka. 

b. Benda apa yang menurut anda yang menggambarkan "gairah dalam jiwa". Anda bisa memilih tanaman, hewan, atau peralatan dan tulis tentang hal tersbeut. 


b. Esai mikro

1. Pilih satu pertanyaan dibawh ini dan jawab dalam kurang lebih 150 kata

a. Review salah satu sastra klasik Tiongkok
b. Tulis puisi dalam "lingkaran"
c.  Komentar tentang kebiasaan tak beradab penduduk Beijing

Susah bukan? Soal-soal tersebut tak hanya bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa aja loh, namun juga digunakan untuk mengukur kreativitas, pengalaman, dan kebijaksanaan seorang pelajar. Pantas saja setiap pelajar yang ingin lolos seleksi ini harus belajar hingga tengah malam setiap hari selama berbulan-bulan.

Gimana? Masih bilang SBMPTN sangat sulit?

Ilustrasi : Business Insider

  • Author:
  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close