Senin, 27 Mei 2019

Pentingnya Gesture dalam Seni Teater

  • Selka Oktamia
  • 14/02/2019 09:54 WIB
Pentingnya Gesture dalam Seni Teater
EPSILONPHI.ID - Apa yang kamu perhatikan ketika melihat pementasan drama atau teater? Tentunya hal yang dilihat adalah bagaimana akting para pemeran tokoh dan jalannya cerita. Pada saat berakting, kamu tentu melihat gerak tubuh dari seorang pemeran. Nah, gerak tubuh tersebut dinamakan gesture. Gesture yang dilakukan pemeran tokoh menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena mengandung pesan tertentu. Gesture dapat dijadikan sebagai pengganti wicara atau sejalan dengan kata-kata yang diucapkan. Gesture dapat berupa gerakan dari tangan, wajah, atau bagian lain dari tubuh.

Latihan gesture dapat digunakan untuk mempelajari dan melahirkan bahasa tubuh. Bahasa tubuh dilakukan oleh seseorang terkadang tanpa disadari dan keluar mendahului bahasa verbal. Bahasa ini mendukung dan berpengaruh dalam proses komunikasi. Jika berlawanan dengan bahasa verbal akan mengurangi kekuatan komunikasi, sedangkan kalau selaras dengan bahasa verbal akan menguatkan proses komunikasi.
Seorang pemeran harus memahami bahasa tubuh, baik bahasa tubuh budaya sendiri maupun bahasa tubuh budaya lainnya. Pemakaian gesture ini mengajak seseorang untuk menampilkan variasi bahasa atau bermacam-macam cara mengungkapkan perasaan dan pemikiran. Akan tetapi, gesture tidak dapat menggantikan bahasa verbal sepenuhnya. Beberapa orang menggunakan gesture sebagai tambahan dalam kata-kata ketika melakukan proses komunikasi. Sebagai seorang pemeran, gesture harus disadari dan diciptakan sebagai penguat komunikasi dengan bahasa verbal. Dengan begitu, penonton akan memahami pesan yang ingin disampaikan melalui gesture pemeran tokoh teater.
Macam-Macam Bentuk Gesture
Apa saja sih macam-macam bentuk gesture? Macam-macam bentuk gesture adalah sebagai berikut.
  1. Gesture dengan tangan
Gesture dengan tangan adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh posisi maupun gerak kedua tangan. Bahasa tubuh yang tercipta oleh kedua tangan merupakan bahasa tubuh yang paling banyak jenisnya.
  1. Gesture dengan tubuh
Gesture dengan tubuh adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh pose atau sikap tubuh seseorang.
  1. Gesture dengan kepala dan wajah
Bahasa tubuh dengan kepala  dan wajah adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh posisi kepala maupun ekspresi wajah.
  1. Gesture dengan kaki
Gesture dengan kaki  adalah bahasa tubuh yang tercipta oleh posisi dan bagaimana meletakkan kaki.

 
Macam-macam gesture tersebut tentunya memiliki pesan atau makna tersendiri. Contohnya, menggaruk belakang kepala atau leher menandakan kesan bohong atau ragu. Kesan ini akan lebih kuat jika dibarengi dengan memalingkan muka dari lawan bicara kita. Memukul anggota badan menandakan sedang lupa sesuatu. Misalnya, memukul kepala, dahi, atau paha. Gesture anggukan kepala menandakan persetujuan, afirmasi, akrab, dan suka. Gerakan tangan dengan jari-jari yang dikepal menandakan ingin memukul, acungan ibu jari ke atas menandakan baik. Akan tetapi, kalau ke bawah menandakan meremehkan dan sebagainya.
Meskipun tampak sederhana, gesture pemain atau pemeran tokoh sebenarnya memiliki peran penting dalam proses penyampaian pesan kepada penonton.


#kesenian#teater#gesture


Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close