Jumat, 25 Mei 2018

Brace Yourself! SNMPTN is Coming...

  • Rosiana
  • 19/01/2018 20:22 WIB
Brace Yourself! SNMPTN is Coming...
EPSILONPHI.ID - Yaakkk siapa yang ngga gembira coba, setelah penantian selama setahun penuh, info pendaftaran SNMPTN kembali dibuka. Buat yang belum tahu, SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur 'favorit' untuk masuk ke kampus negeri. Mengapa disebut favorit? Ini karena banyak calon-calon mahasiswa yang sangat berharap untuk tembus jalur ini tanpa harus melewati seleksi atau tes lainnya.

Yah gimana ngga jadi favorit, wong para calon-calon mahasiswa ini tinggal masukin data, nilai rapor plus prestasi yang pernah didapat dan tinggal nunggu pengumuman. Ngga perlu deh drama-drama berdarah dan belajar sampe tangah malem cuma buat ngikutin tes masuk. Tapi meskipun SNMPTN merupakan jalur favorit dan terkesan mudah, banyak hal yang pastinya harus dipersiapkan loh guys. Mulai dari pentuan jurusan, kampus tujuan hingga pertimbangan alumni sekolah. 

Dari semua kualifikasi tersebut, diharapkan para calon mahasiswa yang tersaring merupakan mahasiswa yang memang sesuai dengan kriteria kampus. Untuk itulah, perlunya pengenalan kampus tujuan sebelum memutuskan untuk mendaftar lewat jalur SNMPTN. Nah masalahnya, gimana sih cara nentuin jurusan dan kampus yang sesuai? Eiitss masalah ini bisa kamu lihat nanti di artikel selanjutnya.

Nah sebelum masuk ke kriteria kampus idaman, kamu perlu tahu nih persyaratan apa aja yang harus dipenuhi buat ngikutin seleksi ini. Merujuk pada info dari website resmi SNMPTN, para siswa yang berhak mengikuti seleksi ini adalah 

1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK atau siswa SRI (Sekolah Republik Indonesia) di luar negeri yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan telah mengisis PPDS ---- persyaratan untuk sekolah

2. Siswa SMA/MA/SMK/MAK atau SRI yang sekarang berada di kelas terakhir tahun 2018. 

3. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional, bisa dicek DISINI. Pastikan nomor yang kamu punya sama dengan data ya.

4. Memiliki prestasi unggul (siswa peringkat terbaikdi sekolahnya) dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah, sebagai berikut:
     a. Sekolah akreditasi A : 50% siswa terbaik di sekolahnya
     b. Sekolah akreditasi B : 30% siswa terbaik di sekolahnya
     c. Sekolah akreditasi C : 10% siswa terbaik di sekolahnya
     d. Sekolah yang belum terakreditasi : 5% siswa terbaik di sekolahnya

5. Memiliki rapor dari semester 1 - 5 (bagi siswa SMA dan sederajat) dan semester 1-7 (bagi siswa SMK program 4 tahun). 

6. Memenuhi persyaratan lain sesuai PTN yang dituju. Nah biar ngga ada kesalahan saat mendaftar, lebih baik cari tau info pendaftaran SNMPTN dari website PTN tujuan.


Informasi pendafaran SNMPTN 2018


Jadwal SNMPTN 2018


Untuk saat ini memang belum dibuka. Pendaftaran resmi SNMPTN baru akan dibuka pada tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2018 (Catat baik-baik tanggalnya). Lebih tepatnya lihat jadwal dibawah:

JADWAL SNMPTN 2018
PENGISIAN DAN VERIFIKASI PPDS             13 Januari – 10 Februari 2018
PENDAFTARAN SNMPTN             21 Februari - 6 Maret 2018
PENGUMUMAN SELEKSI             17 April 2018
  VERIFIKASI BERKAS             8 Mei 2018 (bersamaan dengan seleksi SBMPTN)

Proses verifikasi berkas diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan tes SBMPTN. Jadi perhatikan benar pilihan kuliah ya. Jangan sampai menyesal dan malah bimbang ketika sudah berhasil masuk jalur SNMPTN. 

Tatacara Pendaftaran 


Sampai sini paham guys? Kalau belum scrool lagi ke atas dan pahami. Kalau masih bingung juga, tinggalkan jejak di komen ya. Oke lanjuuttt... Jadi di SNMPTN 2018 ada tahap-tahap pendaftaran yang harus dilalui yakni:

1. Login ke laman pendaftaran SNMPTN, DISINI (ingat baru dibuka tanggal 21 Februari ya). Janan lupa login hanya bisa menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh pihak sekolah. 

2. Nah setelah sukses login, kamu bisa mengisi data diri dan pilihan PTN dan jurusan yang diinginkan. Di laman ini, kamu juga harus menyediakan file foto untuk diunggah. Jangan lupa juga masukkan prestasi akademik dan non akademik selama kamu menjadi siswa. Prestasi ini bisa jadi salah satu nilai plus untuk meayu panitia agar memilihmu. So jangan sampai lupa ya. 

3. Khusus kamu yang berniat mendaftar program keolahragaan dan seni, wajib hukumnya mengunggah portfolio atau dokumen bukti keterampilan. Dokumen ini disahkan atau dilegalisir oleh kepala sekolah. 

4. Nah yang terakhir jangan lupa untuk menyimpan dan mencetak kartu tanda pendaftaran. Ingat kartu ini JANGAN SAMPAI HILANG, karena akan dibutuhkan sebagai salah satu bukti ketika verifikasi dokumen nantinya.  

Memilih Jurusan? Jangan Asal-asalan


Milih jurusan yang sesuai aja susahnya minta ampun, apalagi ditambah peraturan-peraturan lain. Tenang, everything will be easy asal mau usaha. Nah jangan ngantuk, karena ini waktunya penjelasan tata cara pemilihan jurusan lewat SNMPTN. Pada SNMPTN 2018, setiap siswa bisa memilih jurusan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Setiap pendaftar bisa memilih maksimal 2 (dua) PTN. Nah tapi ada syaratnya, salah satu PTN yang dituju harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal. Jadi kalau kamu berasal dari Jawa Barat, salah satu pilihan PTN mu harus berada di provinsi Jawa Barat juga. Namun jika kamu hanya memilih 1 (satu) PTN aja, kamu bisa bebas memilih dimanapun.Perlu diperhatikan,jika kamu memutuskan untuk memilih 3 jurusan dari 2 PTN, maka 2 jurusan pertama harus berada di satu PTN. 

2. Pendaftar bisa memilih maksimal 3 (tiga) jurusan di tiap PTN, dengan catatan, 1 PTN maksimal 2 (dua) jurusan dan sisanya diberikanke PTN lain. Dan yang perlu diperhatikan, setiap jurusan di masing-masing PTN memiliki syarat yang berbeda-beda. Jadi jangan malas cari tahu info, biar nggak salah pilih. Khusus buat anak-anak SMA yang mencoba lintas jurusan dan anak SMK, wajib banget tahu setiap persyaratan jurusan yang kalian inginkan. 

3. Jangan salah pilih urutan, karena urutan pertama merupakan pilihan prioritas. Sistem penerimaan calon mahasiswa dilakukan secara seri. Jadi proses seleksi akan dilakukan pertama kali dari uruta PTN pertama yang jadi prioritas. Nah jika tidak diterima, maka berkasmu akan langsung diberikan ke pilihan PTN kedua. 

4. Nah khusus buat anak SMK, hanya diijinkan memilih jurusan sesuai dengan bidang studi relevan. Bidang studi yang dimasuki juga berbeda-beda tergantung ketentuan dari PTN yang bersangkutan. 

Nah seperti itulah kira-kira gambaran jalur masuk SNMPTN 2018. Buat kamu ang masih bingung, bisa kok tanya-tanya di kolom komentar atau follow Instagram Epsilon Phi di @epsilonphi

Ilustrasi :Freepik

Related Posts

Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close