Minggu, 24 Februari 2019

Jalur Prestasi Alternatif yang Bisa Kamu Coba Selain SNMPTN.

  • 27/02/2018 13:24 WIB
Jalur Prestasi Alternatif yang Bisa Kamu Coba Selain SNMPTN.
EPSILONPHI.ID - Meski pendafaran SNMPTN sudah berlangsung sejak tanggal 21 Februari lalu, namun kamu masih bisa kok mencoba jalur prestasi alternatif lain selain SNMPTN. Hah? Emang ada? Ada dong. Jika kamu jeli dalam mencari info, hampir setiap kampus menawarkan jalur prestasi kepada para calon mahasiswanya.

Sama seperti SNMPTN, jalur prestasi di setiap universita sini juga akan menyeleksi siswa dari prestasi yang pernah diraih. Namun untuk jadwal dan tata cara seleksi, semua tergantung dari PTN yang bersangkutan. Jadi jika kamu berniat untuk mengikuti jalur prestasi yang disediakan, jangan malas untuk cari infonya. Nah khusus untuk PTN, berikut daftar universitas yang sudah membuka seleksi jalur prestasi mandiri

1. Penelusuran Bibit Unggul - UGM

a. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) - UGM

Tahun ini UGM membuak tiga jalur seleksi berdasarkan prestasi. Yang pertama adalah Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan atau disebut PBUK. Seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen dalam membangun daerahnya masing-masing. Satu lagi yang harus kamu ketahui, jalur seleksi ini dibiyai seluruhnya oleh pemerintah daerah. 

Namun satu hal yang harus digaris bawahi adalah, program ini mensyaratkan adanya nota kesepahaman/MOU/perjanjian kerjasama antara pihak UGM dengan pemerintah daerah. Jadi perlu diingat bahwa mungkin belum semua daerah memiliki kerjasama dengan pihak UGM. 

Pendaftaran seleksi dilaksanakan mulai dari 9 April - 2 Mei 2018. Info selengkapnya bisa langsung ke  LAMAN PBUK.

b. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) - UGM

Selain jalur Bidikmisi dari pemerintah, kamu yag ingin mendapatkan beasiswa dari UGM bisa m engikuti seleksi ini. Jalur PBUTM merupakan seleksi yang diadakanoleh UGM untuk menyaring calon mahasiswa terbaik dari kalangan tidak mampu secara ekonomi. Perlu diingat bahwa ketetapan tidakmampu ini dihitung berdasarkan pendapatan kotor orang tua dibagi dengan jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 setiap bulannya.

Nantinya, calon mahasiswa yang lolos seleksi ini akan mendapatkan beasiswa UKT selama 8 semester kuliah, jika memenuhi prestasi dan akan dievaluasi setiap tahunnya.

Jangan lupa pendaftaran dimulai tanggal 9 April - 2 Mei 2018. Info selanjutnya mengenai seleksi dan beasiswa bisa kunjungi LAMAN PBUTM UGM

c. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) - UGM

Nah seleksi ini merupakan jalur masuk khusus buat kamu yang punya prestasi alias pernah memenangkan perlombaan di bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sesuai dengan jurusan yang dipilih). Nah khusus buat kamu yg punya sertifikat atau pernah memenangkan perlombaan di bidang olahraga, seni, dan MTQ, juga bisa ikutan kok. 

Jalur PBUTB mensyaratkan para calon mahasiswanya untuk memiliki sertifikat atau portfolio karya yang dilampirkan dalam berkas pendaftaran, seperti sertifikat dan video. Jadi sebelum mendaftar perhatikan baik-baik syarat dan ketentuannya ya.

Perlu diingat juga bahwa tidak semua jenis olahraga dan kesenian diakui oleh UGM. Untuk mengetahui cabang apa yang diakui, jangan malas untuk membaca persyaratan di websitenya. 

Pendaftaran seleksi ini dimulai tanggal 9 April - 2 Mei 2018. Info lengkap bisa langsung ke LAMAN PBUB UGM.



2. Seleksi Bibit Unggul Berprestasi - UNDIP

Selain Ujian Mandiri, Universitas Diponegoro juga membuka jalur prestasi bagi ssiwa yang pernah meraih prestasi di tingkat Nasional maupun regional untuk jenjang S1. Kejuaraan atau kompetisi yang diikuti harus diselenggarakan oleh Universitas atau lembaga pemerintah, dimana kegiatan tersebut dalam Koordinasi Komite Olah Raga (Jalur Olah Raga) atau Kemendikbud/Kemenag/Kemristek Dikti (Jalur Kesenian/Jalur Sains dan Teknologi).

Pendaftaran dimulai pada tanggal 1 Maret – 23 April 2018. Untuk informasi dan persyaratan selengkapnya bisa kunjungi  WEBSITE UNDIP.


3. Jalur Prestasi Internasional dan Nasional - IPB

Jalur PIN atau Jalur prestasi Internasional dan Nasional merupakan salah satu alternatif jalur prestasi yang disediakan oleh IPB. IPB sudah menyelenggarakan jalur ini sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah.  Sejak Tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur PIN seperti yang dikenal saat ini. Meski daya tampung yang disediakan hanya 8 hingga 12 orang saja, namun jalur prestasi ini layak dicoba buat kamu yang pengenmasuk ke IPB. 

Untuk pendaftaran dibuka pada tanggal 1 April - 1 Juni 2018, persyaratan bisa dilihat di WEBSITE IPB


4. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi - UNNES

UNNES juga takmau kalah menyelenggarakan jalur prestasi loh. Jalur ini merupakan jalur alternatif yang diberikankepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, dan lomba bidang keagamaan. Selain itu, kamu yang punya kemampuan keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, juga bisa mendaftar. 

Pendaftaran jalur ini dibuka mulai tanggal 1 Februari hingga 1 April 2018. Info selengkapnya, kamu isa mengunjungi WEBSITE UNNES


5. Seleksi Mandiri Prestasi Unggul - UNY

Jalur yang disediakan UNY ini merupakan seleksi prestasi untuk jenjang D3 dan S1. Prestasi yang bisa diikutikan dalam seleksi ini merupakan prestasi non akademik yang mencakup : bidang olaharaga, seni, sains atau penalaran, LKS SMK, maupun hafidz Quran. Nah buat yang prestasinya masuk dalam jaluar ini, bisa tuh ikutan daftar.

Pendaftaran seleksi dimulai pada tanggal 2 Juni - 29 Juni 2018. Info selengkapnya, bisa langsung kunjungi WEBSITE UNY.


NB : Informasi akan terus diupdate



  • Author:
  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close