Jumat, 19 April 2019

Jurusan Kuliah Baru yang Bisa Jadi Alternatif Pilihan SBMPTN 2018

  • 20/02/2018 10:16 WIB
Jurusan Kuliah Baru yang Bisa Jadi Alternatif Pilihan SBMPTN 2018
EPSILONPHI.ID - Maish bingung pilih jurusan? Program studi baru SBMPTN 2018 ini bisa jadi bahan pertimbanganmu loh. Yuk tengok

1. Aktuaria (UI, UGM, UNPAD)

Tahun ini tiga PTN mengumumkan akan membuka program studi Aktuaria. Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan program studi ini, padahal Aktuaria menawarkan masa depan yang cerah. Buat yang masih awam, Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan keuangan dan resiko di masa depan atau singkatnya sering disebut sebagai ilmu yang mempelajari resiko keuangan. Karena mempelajari resiko, maka aktuaria banyak dibutuhkan di industri asuransi dan keuangan. 

Cakupan studinya pun cukup luas karena aktuaria merupakan kombinasi antara akuntasi, matematika, statistik, peluang, keuangan, hingga ke pemrograman komputer. Obyek garapannya antara lain asuransi jiwa, tunjangan karyawan, manajemen resiko, dll. Orang yang menjalani profesi ini disebut sebagai aktuaris.

Profesi aktuaris sangat menjanjikan dari segi penghasilan seperti halnya konsultan. Sayangnya meski sangat dibutuhkan, profesi aktuaris masih langka di Indonesia. Indonesia sendiri saat ini mengalami kekurangan tenaga aktuaris. Tercatat pada awal tahun 2017 tenaga aktuaris di Indonesia hanya sekitar 465 orang. Jumah ini tentu saja sangat kurang mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dalam industri asuransi.

Nah, untuk menjawab kekurangan ini, UI, UGM, dan UNPAD akhirnya membuka jurusan aktuaria untuk jenjang S1. Sebelumnya, UI sendiri sudah memiliki prodi aktuaria untuk jenjang Diploma 3. 

AKTUARIA

UI

UGM

UNPAD

FAKULTAS MIPA MIPA MIPA
DAYA TAMPUNG 50 ORANG BELUM DIKETAHUI 40 ORANG
JALUR MASUK SNMPTN & SBMPTN BELUM DIKETAHUI SBMPTN

Baca Juga : Strategi Khusus Mengerjakan Soal SBMPTN, Jangan Sampai Salah!
 

2. Bisnis Digital (FEB UNPAD)

Selain prodi Aktuaria, tahun ini Universitas Padjajaran juga membuka satu lagi program studi yang digadang-gadang menjadi program studi jaman now yakni Bisnis Digital. Program ini merupakanprogram pertama dan saat ini baru satu-satunya di Indonesia. Melansir dari laman resmi Unpad, program studi ini merupakan salah satu respons untuk menjawab tantangan dan kebutuhan global saat ini. Pada seleksi tahun ini, UNPAD membuka kesempatanbagi 40 mahasiswa lewat jalur SBMPTN aja loh. 

Program studi ini disebut memiliki kekuatan dalam pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Nah kerennya nih, program studi Bisnis Digital ini dikembangkan untuk mempersiapkan SDM dalam bidang penguasaan start up digital, digital marketing, market place, big data, hingga artificial intelligence. Jadi selain mempelajari bisnis, mahasiswa prodi ini juga akan mempelajari ilmu lintas jurusan seperti Hukum dan Teknologi. Nggak cuma itu aja, rencananya UNPAD juga akan bekerja sama dengan para pelaku bisnis digital yang sudah sukses. Nah kurang keren apalagi coba?


3. Hubungan Masyarakat (FISIP UPN Veteran Yogyakarta)

Meski bukan jurusan baru, namun jurusan Humas masih eksis menjadi primadona bagi para calon mahasiswa. Tahun ini UPN Veteran membuka prodi Humas karena merasa bahwa prodi akan semakin berkembang di masa depan. Sejauh ini UPN sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti laboratorium strategic public relation, laboratorium multimedia, laboratorium pers, hingga laboratorium audio visual. 

Prodi Humas di kampus ini juga punya keunikan loh. Nggak seperti prodi Humas di kampus lain, mahasiswa humas di kampus ini diarahkan menjadi Humas di sektor pertambangan dan perminyakan.  

Baca Juga : 5 Mitos Seputar SBMPTN yang Sebaiknya Nggak Kamu Percayai Lagi


4. Farmasi, Teknik Kimia, dll (Institut Teknologi Sumatera)

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membuka sedikitnya enam program studi baru, dan sudah bisa dipilih pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Ke enam program studi tersebut yaitu Kimia, Teknik Kimia, Farmasi, Teknik Fisika, Teknik Kelautan, dan jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK).

  a. FARMASI   : Prodi ini resmi berdiri pada tahun 2017 lalu, namun kampus ITERA sendiri baru membuka pendaftaran pada tahun ini. Uniknya, salah satu fokus prodi Farmasi di ITERA adalah mengembangkan obat tradisional menjadi bahan baku obat yang lebih bermutu. Nah asyik kan?

 b. TEKNIK KIMIA  : Teknik kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mengkombinasikan ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, biologi dan matematika untuk menciptakan teknologi baru. Cakupan bidang yang dipelajari di dalam teknik kimia diantaranya proses pembakaran, energi, energi baru dan terbaharukan, bioteknologi, industri makanan, elektronik, material, industri petrokimia, industri semen, pencemaran lingkungan, dan lain-lain. Jalur masuk yang disediakan melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

  c. KIMIA   : Program studi KIMIA ITERA telah dibuka untuk tahun ajaran 2018-2019 (Ujian masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (UM)

  d. TEKNIK KELAUTAN   : Prodi Teknik Kelautan adalah program studi yang memiliki kompetensi pembelajaran dalam bidang infrastruktur pantai dan pengelolaan wilayah pesisir. Mahasiswa juga mempelajari bagaimana merancang dan mengendalikan kondisi lingkungan di laut.

  E. SAINS ATMOSFER DAN KEPLANETAN   : Program studi sains atmosfer dan keplanetan di ITERA ini merupakan suatu prodi yang menitikberatkan pada kajian atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi dan atmosfer antariksa. Bidang Astronomi mempelajari tentang exoplanet, struktur galaksi, astrofisika bintang dan lintasan orbit benda-benda langit. Uniknya program studi ini merupakan satu-satunya prodi di Indonesia. Memang di ITB ada prodi khusus Astronimi, namun prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan ini memiliki cakupan ilmu yang cukup luas.

5. Teknik Biomedik - UI

Kembali Universitas Indonesia akan membuka jurusan anyar pada SNMPTN ddan SBMPTN tahun ini. Teknik Biomedik dipilih menjadi jurusan yang dibuka bersamaan dengan jurusan aktuaria. Bagi yang berminat, jurusan ini nantinya mempelajari prinsip rekayasa ilmu biologi dan kedokteran untuk tujuan kesehatan. Lulusan jurusan ini nantinya diharapkan mampu untuk memenuhi tantangan dunia kerja di bidang desain peralatan medis, pengolahan sinyal dan citra medis, teknik klinis, rehabilitasi medis, serta teknologi bantuan untuk individu yang berkebutuhan khusus.

Untuk tahun ini, Universitas Indonesia menyediakan kuota sebanyak 40 orang dengan 12 orang dari SNMPTN dan sisanya darijalur masuk SBMPRN. Teknik Biomedik nantinya akan masuk ke Fakultas Teknik. Nah tertarik masuk ke jurusan baru ini? 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah udah tau kan sekarang pentingnya try out dalam persiapan dan referensi persiapan ujian. Maka dari itu jangan sampai ketinggalan TRY OUT GRATIS SBMPTN dan TRY OUT ONLINE SBMPTN dari Epsilon Phi. Di try out ini kamu bisa melatih kemampuan dengan simulasi ujian yang bis adikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Lalu apa saja sih keunggulan try out online ini? pertama hasilnya real dan dapat dilihat setelah selesai mengerjakan soal dan ada prediksi kelulusannya juga loh. Untuk para peserta Epsilon Phi juga menyediakan perangkingan otomatis dari semua peserta yang mengikuti try out. Selain itu, try out online dari Epsilon Phi juga menyediakan pembahasan soal yang dilengkapi dengan video pembelajaran di setiap soalnya. 

Gimana, keren kan? Makanya buruan ikut try out online dari Epsilon Phi. Info selengkapnya bisa langsung chat ke WhatsApp atau LINE Epsilon Phi



Ilustrasi : Freepik

  • Author:
  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close