Kamis, 27 Juni 2019

KEGIATAN KULIAH APA SAJA YA?

  • Selka Oktamia
  • 22/05/2019 09:34 WIB
KEGIATAN KULIAH APA SAJA YA?
EPSILONPHI.ID -  Ketika kamu  nonton FTV dan terdapat scene anak kuliah, pasti kesannnya kuliah itu nyantai banget. Tidak selalu berangkat kuliah pagi-pagi, pakai baju bebas, harus berebut angkutan umum. Bahkan kadang nggak kuliah sama sekali. Kesannya kuliah itu nyantai banget. Tapi kamu juga pasti pernah lihat anak kuliah yang kemana-mana membawa buku yang tebal atau dengar juga cerita anak yang bertahun-tahun nggak lulus.
Jadi Kuliah itu ngapain aja ya? Jawaban singkatnya adalah kuliah di universitas itu menuntut kemandirian. Yaapss... Kamu harus bisa me-manage hidup mulai dari mengatur waktu, uang, perkuliahan, pokoknya segalanya sendiri! Tapi kalau ditemenin sama teman seperjuangan, semua itu bisa dijalanin dengan menyenangkan kok. Hanya sekedar dengan mengikuti kelas kuliah tidak menjamin kamu bisa mengerjakan tugas dan mendapat nilai yang bagus saat ujian apalagi bisa lulus tepat waktu. Jika semasa sekolah kita hanya mengikuti pelajaran di kelas, sewaktu kuliah kegiatan belajar lebih bervariasi. Selama kamu menjalani perkuliahan, kamu benar-benar seperti hidup dalam prinsip demokrasi: "Dari Kamu, untuk kamu dan oleh kamu."
 
Kegiatan-kegiatan Kuliah itu apa saja?
 
Kelas kuliah: Kegiatan ini diadakan di ruang yang besar. Semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini akan menghadiri kelas kuliah. Kegiatan belajarnya lebih pasif. Biasanya dosen menyampaikan materi pelajaran, mahasiswa membuat catatan. Dosen menjelaskan dan mahasiswa mendengarkan. Tanya jawab sangat jarang dilakukan. Saat ada kelas mahasiswa harus aktif untuk bertanya, mencatat, menyampaikan ide. Selain itu kamu harus berpikir sendiri, mana yang benar, mana yang salah. Misalnya, siswakan belajar sesuai arahan guru. Nah, kalau mahasiswa belajarnya santai atau ngebut-bahkan gabut-itu menjadi pilihan masing-masing.
 
Seminar: Jumlah mahasiswa yang mengikuti seminar lebih sedikit jika dibandingkan dengan kelas kuliah. Pengajarannya juga lebih interaktif. Mahasiswa diharapkan untuk mengajukan pertanyaan, mengemukakan ide dan pendapat mereka. Kadang mahasiswa juga diminta untuk melakukan presentasi, sehingga perlu menyiapkan diri sebelumnya.
 
Tutorial : Kelas ini lebih kecil lagi dari seminar. Bisa jadi hanya antara dosen dan kamu sendiri. Di kelas tutorial, dosen akan membahas topik-topik tertentu, atau mengadakan diskusi dengan topik yang lebih spesifik. Biasanya sebelum menghadiri tutorial kamu harus mengerjakan tugas (PR) atau menyiapkan presentasi.
 
Praktek : Kegiatan ini untuk mempelajari keahlian praktikal di laboratorium, studio, lokakarya, atau tempat lain yang sesuai, tergantung mata kuliah yang diambil. Praktek saat kuliah tidak sepadat waktu SMK/MK. Tapi untuk jurusan sains biasanya lebih banyak menghabiskan waktu kuliah untuk melakukan penelitian atau praktek.
 
Organisasi : Saat kuliah banyak sekali organisasi yang bisa diikuti ada organisasi tingkat jurusan, fakultas dan universitas. Selain itu kamu juga bisa join organisasi skala nasional ataupun internasional. Yang minat politik, kamu bisa aja join partai atau gerakan muda kepartaian, atau kesatuan-kesatuan aksi mahasiswa. Yang suka lingkungan hidup bisa join organisasi macem Greenpeace, WWF, PETA, dsb. Yang suka luar negeri luar negerian bisa join organisasi kaya AIESEC. Kalau lokamu nggak ketemu organisasi yang sesuai sama misi kamu, kamu bahkan bisa bikin sendiri! Kumpulin temen-temen yang satu visi, terus bikin deh organisasi. In short, Carpe Diem! Seize the day! Raihlah harimu!
 
Ekskul : Di kampus nanti banyak banget wadah yang bisa nampung minat-minat terpendam ini. Ada yg namanya UKM (unit kegiatan mahasiswa, semacam ekskul pas kuliah lah) yang isinya macem-macem. Mulai dari olahraga, musik, club debat, outdoor adventure kayak naek gunung, teater, dsb. Yang minat organisasi, ada juga Badan Eksekutif Mahasiswa (mirip sama OSIS pas SMA). Tapi inget, masa kuliah itu emang masa paling efektif buat ngebangun jejaring sosial biar lebih luas. Kamu jangan sampe deh jadi mahasiswa kupu-kupu. Alias kuliah-pulang, kuliah-pulang.


  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close