Kamis, 27 Juni 2019

Mengapa Soal-soal TPA Diperlukan Dalam SBMPTN?

  • 02/03/2018 10:31 WIB
Mengapa Soal-soal TPA Diperlukan Dalam SBMPTN?
EPSILONPHI.ID - Sama seperti Ujian Nasional, tes SBMPTN juga membutuhkan pengorbanan yang tak kalah besarnya. Buat kamu yang ngebet dan pengen banget masuk ke PTN, tes ini menjadi salah satu jalan untuk menggapai cita-cita. Nah dari sekian banyak soal SBMPTN, banyak banget nih yang bingung dan mengeluh tentang sulitnya soal-soal TPA atau Tes Potensi Akademik. 

Nah daripada mengeluh dan marah-marah sama soal TPA yang nggak ada salah apa-apa, mending buruan cari tahu mengapa tipe soal ini harus ada saat tes SBMPTN

Apa sih TPA itu?


TPA sendiri merupakan tes psikologi yang mengukur kemampuan berpikir seeorang, meliputi kemampuan pemahaman dan penalaran. TPA mengukur kemampuan dalam tiga aspek yakni kemampuan verbal, numerikal, dan figural. Kemampuan verbal merupakan kemampuan pemahaman dan bernalar menggunakan bahasa, kemampuan numerikal merupakan kemampuan pemahaman dan penalaran dengan angka, sedangkan kemampuan figural adalah kemampuan pemahaman dengan menggunakan gambar.

Soal TPA merupakan versi Indonesia dari tipe soal GRE atau Graduate Record Examination. Tipe tes ini sering digunakan dalam setiap seleksi suatu instansi. Di luar negeri sendiri tes GRE juga sering digunakan dalam seleksi masuk universitas. Jadi jangan merasa iri karena orang-orang di luar negeri pun juga sama pusingnya maenghadapi tes ini.


Lalu manfaatnya?

1. Mengetahui potensi kemampuan akademis

Dengan adanya hasil dari tes kemampuan berpikir, maka pihak kampus akan mampu melihat sebesar apa kemampuan dan potensimu. Tes ini juga sebagai salah satu cara untuk mengukur potensimu selama studi nanti, apakah kamu mampu mengikuti kegiatan perkuliahan dan bisa selesai kuliah sesuai waktu yang telah ditentukan. Setiap kampus memiliki batas makasimal studi yang berbeda-beda. Namun biasanya untuk jenjang S1, batas studi maksimal yang ditentukan berkisar dari 7 hingga 8 tahun. 

Jika kamu lolos tes ini berarti pihak kampus sudah mengira bahwa kamu siap dengan kurikulum dan beban studi yang diajarkan. Sehingga dengan begitu, pihak kampus nggak akan pusing lagi dengan 'mahasiswa abadi' yang tak kunjung menyelesaikan studinya.

2. Mempermudah penyaringan dan seleksi

Sama seperti tes seleksi pada umunya, TPA juga berguna sebagai salah satu alat untuk menjaring calon mahasiswa dengan kemampuan yang diinginkan oleh pihak kampus. Selain itu TPA juga bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan kualitas lulusan loh.

Seperti kita tahu, banyak soal-soal TPA yang mengecoh harus membuat kita berpikir dua kali, selain itu soalnya juga sangat kompleks dan variatif. Dengan tipe soal seperti itu, praktis otak kita dituntut untuk bekerja dengan cara yang berbeda, yang pada akhirnya mampu mengasah otak kita. Semakin sering berlatih dengan soal TPA, maka kemampuan berpikir kita pun juga akan berkembang. 

Baca Juga : Strategi Khusus Mengerjakan Soal SBMPTN, Jangan Sampai Salah!

3. Melatih kecepatan

Ngerasa nggak sih kalau wakatu tes ini rasanya lebih cepat dibanding dengan tes lainnya? Ini karena TPA juga memiliki fungsi sebagai instrumen untuk mengukur kecepatan seseorang dalam berpikir. Di dunia pendidikan dan industri, para mahasiswa akan menghadapi berbagai tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Tentunya tugas-tugas tersebut harus dikerjakan sesuai dengan batas waktu yang diberikan. Untuk itulah dengan TPA ini diharapkan, para calon mahasiswa yang terjaring mampu bekerja secara cepat dan tepat.

4. Bisa memberikan alternatif jurusan

Dengan tiga variasi soal yang diberikan, kamu pun sebenarnya bisa langsung tahu kemampuan diri. Biasanya nih ada orang yang cenderung unggul di hitungan. Begitu pula dengan orang yang memiliki keunggulan di bidang bahasa atau gambar. Dengan berlatih dan melakukan tes ini, diharapkan para calon mahasiswa mengetahui potensi kemampuan berpikir yang ada dalam diri mereka dan mampu memilih jurusan yang sesuai.

Ilustrasi : Freepik

  • Author:
  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close