Jumat, 19 April 2019

Terciptanya Masyarakat Majemuk dan Multikultural di Indonesia

  • Selka Oktamia
  • 24/01/2019 10:19 WIB
Terciptanya Masyarakat Majemuk dan Multikultural di Indonesia
EPSILONPHI.ID - Masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang heterogen, artinya memiliki beragam suku bangsa dan budaya. Dapat diartikan juga sebagai masyarakat yang saling memahami adanya perbedaan dan keanekaragaman dalam kehidupan dan dapat saling menerima keragaman tersebut. Adapun penyebab terciptanya Masyarakat yang multukultural di Indonesia.

Faktor Geografis
Letak nusantara yang strategis yaitu berada di antara dua benua dan dua samudra serta negara yang berbentuk kepulauan sangat berpengaruh terhadap adanya keberagaman budaya yang terdapat di Indonesia. Keadaan masyarakat dimasing-masing pulau tersebut pasti tidak sama, budayanya juga berbeda, termasuk sumber daya alam yang terkandung pada tiap-tiap pulau pastinya berbeda. Dari sinilah masyarakat multikultural dapat terbentuk.

Pengaruh Kebudayaan Asing
Proses globalisasi yang mengakibatkan masuknya budaya-budaya luar sehingga memungkinkan masyarakat Indonesia untuk terbuka menerima segala budaya dari luar.

Perbedaan Iklim
Indonesia terdiri atas pulau-pulau, pegunungan, dataran tinggi, rendah, hingga pantai. Yang masing-masing penduduknya punya kebiasaan dan cara mengontrol emosi yang berbeda.

Sejarah Nusantara
Pada zaman dahulu wilayah Indonesia pernah menjadi daerah jajahan negara asing. Sehingga budaya-budaya yang terdapat dari penjajah diterapkan di Indonesia. Selain itu adanya perkawinan  antara orang asing dengan masyarakat pribumi sehinga terjadinya masyarakat yang majemuk.

#sosiologi #Masyarakat #Multikultur #Indonesia # Bhinneka Tunggal Ika



Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close