Minggu, 24 Februari 2019

Penarikan Kesimpulan

  • Selka Oktamia
  • 02/01/2019 16:55 WIB
Penarikan Kesimpulan

EPSILONPHI.ID - Dalam dunia digital, penggalian ide membutuhkan pola pikir logis. Berpikir logis merupakan berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika. Logika merupakan materi yang dipelajari sampai kapan pun bahkan ketika manusia menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Logika disebut juga sebagai alat untuk menjaga dari kesesatan bernalar. Seseorang membutuhkan kemahiran bernalar logis agar dapat menghasilkan kesimpulan yang benar.

Salah satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan. Apa itu kesimpulan? Kesimpulan adalah hasil berpikir akhir terhadap suatu informasi. Jadi, kesimpulan merupakan hasil berpikir yang sudah kita olah secara matang dari suatu informasi. Ada 2 cara dalam merumuskan kesimpulan yaitu secara Deduktif dan juga secara Induktif. Untuk lebih jelasnya, dapat kita simak penjelasannya dibawah ini :


> Kesimpulan Deduktif

Metode berpikir deduktif adalah suatu metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagian yang khusus.  Perhatikan contoh berikut.

Premis mayor : Pak Dion mengatakan bahwa siswa yang dapat mengikuti lomba olimpiade sains nasional, haruslah memiliki IQ diatas 120.

Premis minor  : Alfa merupakan siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional.

Kesimpulan     : Alfa memiliki IQ diatas 120

Mengapa kita dapat menarik kesimpulan seperti itu, berikut penjelasannya :
- Kita melihat dari premis diatas bahwa pak Dion mengatakan hanya siswa yang memiliki IQ diatas 120 lah yang dapat mengikuti Olimpiade Sains Nasional.
- Sedangkan ternyata Alfa merupakan siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional, itu berarti sudah pasti Alfa memiliki IQ diatas 120 menurut informasi diatas.


> Kesimpulan Induktif

Metode berpikir induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal yang bersifat khusus untuk menentukan kesimpulan yang bersifat umum. Perhatikan contoh berikut :

- premis
Dari hasil Ulangan Harian Matematika siswa kelas X, diperoleh data sebagai berikut : 15 orang mendapatkan nilai 30, 10 orang mendapatkan nilai 10, dan hanya 5 orang yang mendapatkan nilai diatas 80

- Kesimpulan
Rata-rata siswa Kelas X tidak dapat mengerjakan ujian dengan baik.

- penjelasannya

Tampak bahwa lebih banyak siswa/orang yang mendapatkan nilai kurang bagus daripada nilai bagus. Maka dapat disimpulkan rata-rata siswa kelas X tidak mengerjakan ujian dengan baik, atau mungkin bisa kesimpulan lainnya.

Nah,itu dia tadi penjelasan mengenai bagaimana cara merumuskan kesimpulan secara Deduktif ataupun Induktif. Semoga dengan adanya artikel ini,diharapkan dapat membantu pembaca sekalian yang kurang mengerti dalam cara mengambil kesimpulan dengan cara Deduktif Ataupun Induktif.


#Simkomdig #Logika #Algoritma #Kesimpulan #Logis



Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close