Sabtu, 23 Maret 2019

Tahukah Kamu Perbedaan EYD dan EBI ?

  • Selka Oktamia
  • 15/02/2019 15:18 WIB
Tahukah Kamu  Perbedaan EYD dan EBI ?
EPSILONPHI.ID - Mendikbud mencabut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 46 tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) melalui Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan nomor 50 tahun 2015. Jadi kini EYD sudah tidak berlaku lho. Lalu pedoman ejaan kita apa dong? Nah, pengganti EYD adalah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Meski namanya beda, EYD dan EBI tidak terlalu ada hal yang berbeda. Hanya ada tiga perbedaan yang ditemukan, yakni sebagai berikut.
  • Penggunaan huruf kapital. Pada EYD, tidak diatur bahwa huruf kapital digunakan untuk menulis unsur julukan. Dalam EBI, unsur julukan tidak diatur ditulis dengan awal huruf kapital .
  • Penggunaan huruf tebal. Dalam EYD, fungsi huruf tebal ada 3 yaitu menuliskan judul buku, bab dan semacamnya, mengkhususkan huruf, dan menulis lema atau sublema dalam kamus. Dalam EBI, fungsi ketiga dihapus.
  • Penambahan huruf vokal diftong. Di EYD, huruf diftong hanya 3 yaitu, ai, au, dan ao. Di EBI huruf diftong ditambah satu yaitu ei, contohnya pada kata geiser dan survei.
Referensi:
http://dewirahmah1410.blogspot.com/2016/12/perbedaan-dari-puebi-dan-eyd.html


Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close