Kamis, 27 Juni 2019

Pengen Masuk UI? Ketahui 2 Jalur Masuk yang Disediakan Tahun Ini

  • 24/01/2018 20:55 WIB
Pengen Masuk UI? Ketahui 2 Jalur Masuk yang Disediakan Tahun Ini
EPSILONPHI.ID - Kampus UI emang jdi salah satu incaran banyak siswa di Indonesia. Selain menjadi salah satu kampus bergengsi di Indonesia, Universitas Indonesia juga menawarkan berbagai program studi yang menarik minat banyak calon mahasiswa. Namun ada yang berbeda pada jalur masuk kali ini. Mulai tahun 2017 kemarin, jalur SIMAK UI untuk S1 Reguler ditiadakan. Sebagai gantinya, bangku S1 reguler hanya dapat ditempuh melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. 

SIMAK Ditiadakan?

Bukan, bukan ditiadakan, SIMAK UI atau adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI,  diperuntukkan bagi pendaftar jalur S1 Paralel, S1 KKI (Internasional), dan Program Vokasi atau D3 . Nah sebagai gantinya, kuota penerimaan S1 reguler dari jalur SNMPTN ditambah menjadi 30%, sedangkan penerimaan dari jalur SBMPTN bertambah menjadi 70% dari jumlah total kursi yang disediakan.

Masih Bingung? Ini Penjelasannya

Tahun 2018, Universitas Indonesia akan membuka beberapa jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Jalur tersebut dibuka untuk jenjang Vokasi, Sarjana, Magister, Doktor, Profesi, Kelas Internasional, dan Spesialis. Terkait jadwal, terdapat perbedaan waktu pelaksanaan bagi masing-masing jenjang. Sederhananya, jalur masuk UI dibagi menjadi 2 yaitu:

1. JALUR UNDANGAN 

Merupakan jalur masuk yang menggunakan nilai rapor dengan mempertimbangkan indeks prestasi sekolah. 

a. SNMPTN : Merupakan salah satu jalur masuk PTN yang dielelnggarakan secara serempak di semua PT seluruh Indonesia. Jalur ini menggunakan nilai rapor sebagai salah satu persyaratannya. Lengkapnya kamu bisa KESINI

b. PPKB : Sistem seleksinya hampir sama seperti SNMPTN, namun jalur ini merupakan seleksi masuk untuk jenjang S1 Paralel.
Hanya saja, jalur masuk PPKB tidak diberikan ke semua sekolah seperti SNMPTN. Mengutip dari website SIMAK UI, penerimaan pelamar dari jalur ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari sekolah terbaik yang menerima undangan dari UI. 

Kuota penerimaan jalur PPKB untuk S1 Paralel sebesar 50% sedangkan jalur undangan untuk program vokasi (D3) sebesar 70%. Buat yang belum tahu, S1 Paralel sebenarnya sama dengan program S1 Reguler, hanya tidak ada ketentuan tahun ijasah. Jadi buat kamu yang tidak bisa masuk lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN karena terkendala tahun kelulusan, bisa loh lewat jalur ini.

c. Talentscouting : Jalur masuk ini khusus hanya bagi kamu yang berminat masuk ke program S1 Kelas Internasional. UI sendiri menyediakan kuota 40% bagi mahasiswa Kelas Internasional yang masuk melalui jalur ini. Sama seperti PPKB, UI hanya mengundang sekolah-sekolah terbaik di Indonesia sebagai salah satu persyaratan mengkuti seleksi ini dan tidak semua sekolah diperkenankan mendaftarkan siswanya.


2. JALUR TES TERTULIS 

Selain jalur undangan berdasarkan niai rapor dan prestasi, UI juga menyediakan jalur tes tertulis, seperti:

a. SBMPTN : Merupakan jalur tertulis yang terbagi menjadi 2 yaitu UTBC (Ujian Tulis berbasis Cetak) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Peserta bisa memilih satu dari kedua cara ujian diatas. UI menerima S1 Reguler melalui SBMPTN dengan kuota penerimaan sebesar 70%. Informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat dilihat di sbmptn.ac.id.

b. SIMAK : Adalah ujian tulis untuk program pendidikan S1 Paralel, Vokasi (D3) dan S1 Kelas Internasional. Masing-masing kuota penerimaan melalui SIMAK untuk S1 Paralel sebesar 50%, sedangkan Vokasi (D3) 30% dan S1 Kelas Internasional menampung sebesar 60% dibandingkan dengan jalur undangan.

Lebih jelasnya, kamu bisa lihat diagram dibawah ini

Jalur masuk UI
SUMBER : SIMAK UI

Sebagai informasi, jalur masuk UI tidak mempengruhi besaran biaya pendidikan. Biaya pendidikan ditentukan berdasarkan setiap berdasar program pendidikan yang diambil bukan berdasar jalur masuk. Khusus untuk mahasiswa S1 Reguler dengan jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN memiliki hak untuk mengajukan biaya pendidikan melalui skema BOP Berkeadilan yakni biaya pendidikan sesuai kemampuan penanggung biaya, serta memiliki kesempatan untuk memilih BOP Pilihan yakni biaya pendidikan ditentukan oleh penanggung biaya. Seleksi tidak dipengaruhi oleh biaya pendidikan, karena biaya pendidikan diproses setelah peserta dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UI.

Info lengkap, kamu bisa follow akun Twitter @SIMAK_UI atau kunjungi laman resminya DISINI


  • Author:
  • Tags

Related Posts

Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close