Minggu, 24 Februari 2019

Siap Kuliah? Yuk Cek Apakah 6 Hal Ini Sudah Kamu Persiapkan Sebelumnya

  • 11/04/2018 13:14 WIB
Siap Kuliah? Yuk Cek Apakah 6 Hal Ini Sudah Kamu Persiapkan Sebelumnya
EPSILONPHI.ID - Epsilonee yang sedang baru selesai Ujian Nasional pasti lagi semangat-semangatnya nih mempersiapkan diri masuk kuliah. Seperti yang Epsilonee tahu, lingkungan perguruan tinggi memiliki perbedaan yang cukup besar dengan lingkungan sekolah loh. Salah satunya adalah jadwal kuliah yang jauh berbeda dengan jadwal sekolah. Jika jadwal sekolah biasa sudah diatur sedemikian rupa, maka berbeda dengan jadwal kuliah. Bisa jadi Epsilonee nantinya mendapatkan jadwal dengan jarak yang lumayan lama antar mata kuliah. 

Nah perbedaan-perbedaan inilah yang membuat pentingnya persiapan sebelum kuliah. Selain belajar dan persiapan berbagai macam berkas, Epsilonee ternyata juga perlu loh menyiapkan 6 hal ini sebagai bekal awal masuk dunia perkuliahan.

1. Persiapan diri dan mental

Persiapkan hal-hal ini sebelum masuk kuliah
Udah tau kan jika suasana dan lingkungan sekolah berbeda jauh dengan suasana waktu kuliah. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan mental sebelum benar-benar masuk ke dunia kuliah. Apalagi jika Epsilonee merupakan salah satu mahasiswa rantau, kangen keluarga, teman, ayah, ibu, adek, kakak, dan semuanya itu udah pasti terjadi.

Hal ini mungkin akan sangat berat jika kampus tempat menimba ilmu berjarak sangat jauh dari rumah. Perkara kangen rumah bukan lagi jadi hal yang penting untuk dipikirkan. Nantinya Epsilonee juga harus merasakan gimana rasanya tinggal di tempat baru, beradaptasi dengan orang-orang dengan bahasa dan kebiasaan yang berbeda, dan bahkan harus mau makan makanan setempat. Maka dari itu, persiapan mental agar tidak kaget dan shock sudah wajib menjadi perhatianmu selanjutnya.

Hal ini mungkin jadi beban tersendiri bagi Epsilonee yang sempat mengambil cuti atau gap year untuk bekerja. Kebiasaan selama satu atau dua tahun bekerja biasanya sangat membekas dan susah hilang. Oleh karena itu, menyiapkan diri sendiri sebelum memulai kuliah mungkin akan sangat berat di awal. 

Mempersiapkan diri sebelum masuk dunia kuliah, bisa Epsilonee lakukan dengan beberapa cara ini:
a. Cari tahu kehidupan kampus
Setiap kampus memiliki kebiasaan yang berbeda. Jadi penting untuk mengetahui kehidupan kampus, seluk-beluk kegiatan yang ada hingga lingkungan pergaulan mahasiswanya.
b. Ketahui rute keberangkatan
Jika kampus tujuan jauh dari rumah, maka Epsilonee perlu untuk mengetahui rute keberangkatan tercepat dan hal-hal yang kemungkinan bisa menghalangi untuk datang ke kampus tepat waktu.
c. Ketahui lingkungan tempat tinggal
Jika Epsilonee memilih tempat tinggal di dekat kampus, pastikan tempat tinggalmu berada di daerah dengan lingkungan yang aman.

Persiapan kuliah, ketahui lingkungan kampus dan tempat tinggal
d. Pelajari bahasa dan kebudayaan masyarakat setempat
Jika kamu nantinya akan tinggal jauh dari rumah, pastikan untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa daerah tujuan, agar tidak mengalami culture shock nantinya.
e. Biasakan diri untuk tidak terlalu bergantung pada orang lain
Jika di sekolah kita masih bisa menyalin catatan bahkan PR teman, maka di dunia perkuliahan, hal ini akan sangat jarang terjadi. Ini karena pola pikir mahasiswa sudah berbeda dengan pola pikir anak SMA. Ketika Epsilonee memutuskan untuk kuliah, buang semua kebiasaan manja dan bergantung pada orang lain. 

Baca Juga : Bingung Memilih Kampus? Perhatikan Hal-hal Ini

Kondisi pada saat masa kamu sekolah di atau kamu yang sempat kerja dulu sebelum melanjutkan kuliah, itu semua sangat berbeda. So, siapkan diri dan mental untuk hal-hal yang tidak terduga.

2. Pasang target

Memasang target di awal kuliah bis ajadi salah satu penyemangat loh
Semangat untuk menuntut ilmu biasanya masih membara di awal-awal semester. Namun biasanya juga, semangat yang besar itu langsung pupus dalam sekejap. Nah biar semangat yang muncul di awal kuliah bisa langgeng, maka Epsilonee bisa memasang target apa yang mesti dicapai selama kuliah.

Target ini nggak harus muluk kok, lulus di setiap mata kuliah bisa jadi acuan untuk menyusun targetmu. Awal semester merupakan waktu yang pas buatmu untuk memasang target, entah itu IPK tinggi atau kemampuan yang harus kamu pelajari. Selain itu, Epsilonee, juga bisa membuat daftar hal-hal apa yang seharusnya bisa dipelajari dan dilakukan selama kuliah, Indeks prestasi yang ingin dicapai atau keahlian yang ingin dipelajari. Daftar target ini bisa dibuat per semester atau per tahun.

Selain target jangka pendek, Epsilonee juga bisa kok membuat mind mad career atau karir jangka panjang apa yang diinginkan. Hal ini dapat membantu dalam menentukan kegiatan dan materi apa yang seharusnya diperdalam selama kuliah. 

3. Latih kemandirian

Persiapkan 6 hal ini saat akan masuk kuliah
Masa kuliah merupakan masa dimana kemandirian dipupuk. Jangan bayangkan kuliah bisa bebas dan sering nongkrong di kantin aja. Nyatanya kuliah sebenarnya nggak semenyenangkan gambaran sinetron dan FTV. Masa kuliah juga mengajarkan cara bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Nggak ada lagi teman yang bergerombol bersama hanya untuk bertemu dengan dosen. Nggak lulus satu mata kuliah, maka siap-siap harus mengulang di semeter berikutnya, sendirian. 

Nah hal-hal seperti inilah yang harus dibiasakan sebelum memasuki bangku kuliah. Jika tidak, maka kamu akan merasa kaget dengan kehidupan yang berbeda di dalam kampus. 

4. Jangan lupakan penampilan

Siap kuliah? Yakin? Coba deh cek 6 hal ini
Saat sekolah, Epsilonee nggak bakal pusing milih baju yang akan dipakai, karena sekolah usdah memberikan ketentuan seragam. Nah masalah biasanya datang saat kuliah dimana Epsilonee pasti juga akan ribut masalah style atau gaya apa yang akan dipakai. Kamu bakal dihadapkan dengan kegalauan memilih outfit. Seiring dengan tren fashion yang terus berganti, maka penampilan juga harus mengikuti.

Baca Juga : Hati-hati, 4 Kesalahan Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Masuk Kampus Idaman

Namun jika Epsilonee merasa kurang cocok dengan tren fashion yang ada, saat kuliah merupakan waktu yang cocok untuk menemukan signature style sendiri. Masa ini nantinya akan membuatmu beran memadu padankan gaya yang nantinya bisa membentuk dirimu. Nah di fase inilah kamu akan bereksperimen dengan berbagai style hingga bisa menemukan signature style-mu sendiri. Bereksperimen dengan penampilan selama kuliah sah-sah aja kok, namun ingat jangan sampai berlebihan dan malah mengundang cibiran dari banyak orang ya.


5. Keluar dari zona nyaman

Persiapkan hal-hal ini sebelum masuk kuliah
Dunia perkuliahan mengharuskanmu untuk menjalin relasi dengan berbagai macam orang. Maka jika kamu terbiasa bergaul dengan orang-orang yang termasuk dalam inner circle-mu, maka hal ini bisa sedikit diubah. Coba deh jalin pertemanan dengan teman-teman dari berbagai latar belakang dan beragam sifat. Hal ini nantinya mampu membentuk karaktermu untuk lebih open minded mampu menghargai orang lain.

Keluar dari zona nyaman juga bisa berarti mencoba hal-hal baru. Dunia kuliah itu seru jika Epsilonee tahu dimana tempatnya. Kamu yang kurang suka debat, bisa loh coba masuk ke klub debat dan belajar cara menghadapi lawan bicara dengan cara yang elegan. Atau jika Epsilonee merasa kurang oke saat presentasi, coba deh ajukan diri untuk membawakan presentasi di depan kelas.

Kemampuan-kemampuan seperti inilah yang nantinya bisa membuat diri menjadi lebih dewasa dan berkembang secara profesional.

6. Aktif ikut kegiatan

Jika Epsilonee masih punya waktu luang, bis akok ikutan beragam kegiatan UKM yang bermanfaat, seperti teater, olahraga, atau kegiatan alam. Selain sebagai media silaturahmi dan bertemu dengan teman-teman baru, kegiatan seperti ini juga bisa mengalihkan pikiran dari penatnya kehidupan kampus. Tapi ingat, kegiatan seperti ini hanya pendukung ya, jangan sampai saking terlalu semangat dalam berkegiatan malah melupakan tanggung jawab belajar.

Kuliah merupakan fase dimana kamu bisa mengembangkan dan bahkan menemukan potensi diri yang terpendam. Jadi selain persiapan seleksi, persiapan lain pun juga tak kalah penting sebelum memulai petualangan baru di dunia perkuliahan. Gimana? Sudah siapkah dirimu?

Baca Juga
SBMPTN Bikin Stress? Tengok Gaokao, Seleksi Masuk Universitas Paling Sulit di Dunia
Mengapa Soal-soal TPA Diperlukan Dalam SBMPTN?
Jelang SBMPTN, Ini Persiapan Akhir yang Bisa Kamu Lakukan

  • Author:
  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close