Selasa, 20 Februari 2018

Strategi Jitu Memilih Jurusan SNMPTN

  • Rosiana
  • 22/01/2018 14:35 WIB
Strategi Jitu Memilih Jurusan SNMPTN
EPSILONPHI.ID - Selain SBMPTN yang sering digembar-gemborkan, ada sistem seleksi lewat nilai yakni SNMPTN. Bedanya SBMPTN dan SNMPTN. Jika SBMPTN para calon mahasiswa diuji melalui sistem yang dirasa lebih adil karena berdasarkan kemampuan peserta. Nah SNMPTN memiliki banyak faktor yang membuat seseorang bisa lolos. 

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi lolos tidaknya seeorang lewat SNMPTN adalah nilai rapor selama sekolah dan indeks prestasi sekolah. Namun perlu diingat jika sistem seleksi SNMPTN ini tidak terbuka. Jadi kamu tidak bisa serta merta memberi justifikasi jika seseorang yang lolos PTN A termasuk golongan orang yang lebih pintar dibandingkan dengan mereka yang tidak lolos masuk PTN. Namun seperti seleksi masuk yang lain, kamu masih bisa mengoptimalkan jalur masuk lewat SNMPTN dengan beberapa trik berikut.

1.Tentukan keinginan dan peluang

Strategi memilih jurusan SNMPTN, tentukan keinginan

Strategi memilih jurusan dan universitas lewat SNMPTN sedikit berbeda dengan jalur masuk lain. SNMPTN seperti namanya merupakan seleksi yang menggunakan nilai rapor dan hasil ujian yang kemudian diolah dan akan disortir oleh pihak universitas. Namun hingga saat ini tidak ada yang benar-benar tahu mekanisme dan penilaian SNMPTN. 

Berbeda dengan SBMPTN dimana kamu sebaiknya haruis mengoptimalkan semua pilihan, seleksi dengan jalur SNMPTN malah mengharuskan dirimu untuk mengoptimalkan pilihan pertama. Pastikan jika pilihan pertamamu merupakan jurusan dan kampus dimana kamu memang memiliki peluang untuk diterima lebih besar. Sebaiknya serius dalam menentukan jurusan dan kampus yang jadi prioritas, karena sebagian besar mahasiswa yang diterima merupakan mahasiswa yang memilih kampus di pilihan pertama.

Baca Juga : Brace Yourself Guys! SNMPTN is Coming...

Sedangkan untuk pilihan kedua, presentase lebih kecil. Ada mitos bahwa pihak universitas memprioritaskan peserta SNMPTN yang menempatkan kampus mereka pada pilihan pertama. Jadi lebih baik pelajari matang-matang kampus dan jurusan yang dituju dan jangan terlalu banyak berharap pada pillihan kedua.

2. Tentukan niat

Strategi memilih jurusan SNMPTN, tentukan niat

Niat untuk masuk ke kampus dan jurusna tertentu juga harus diperkuat. Ini agar ketika diterima kamu tidak akan langsung melepaskannya begitu saja. Jika diterima, maka jangan ditolak karenapenolakan tersebut akan berdampak pada indeks sekolah. Bahkan lebih parahnya lagi sekolah bisa masuk daftar hitam, kan kasihan adik kelasnya. Salah satu indikator diterima tidaknya seseorang adalah banyaknya jumlah alumni dan prestasi alumni di kampus tersebut. Jadi jika sudah diterima lebih baik jangan ditolak ya. 

3. Buat yang punya prestasi, boleh kok diikutsertakan

Strategi memilih jurusan SNMPTN, jangan lupa sertakan prestasi yang pernah diraih

Nah buat yang punya prestasi entah itu restasi akademik atau non akademik, bisa kok dimasukan sebagai salah satu “daya jual” ke pihak panitia seleksi. Prestasi ini bisa membantumu untuk meningkatkan nilai apalagi bagi yang memiliki prestasi tingkat nasional atau bahkan internasional.

4. Pelajari daya saing

Strategi memilih jurusan SNMPTN, pelajari daya saing kampus tujuan

Cari tahu alumni yang diterima di universitas dan jurusan tersebut. Kampus biasanya melihat alumni yang diterima di PTN tersebut. Namun untuk kriteria dan cara penilaian tidak ada yang tahu kecuali pihak kampus. Kamu bisa minta data dari BK atau guru yang mengurusi hal tersebut. Dengan info dan data alumni, kamu bisa mengira peluang masuk yang lebih besar.

Pelajari pula presentase alumni yang diterima di PTN. Berapa banyak presentase mereka diterima di PTN A dibandingkan dengan PTN B. Dengan mencari tahu hal-hal seperti ini, kamu bisa memilih jurusan dan kampus yang sekiranya bisa menerima lulusan dari sekolahmu berdasarkan data alumni.

5. Lihat profil dan indeks sekolah

Cara mudah memilih jurusan kuliah lewat jalur SNMPTN, pelajari daya saing kampus tujuan

Pihak universitas selain melihat nilai rapor juga akan mempertimbangkan indeks sekolah. Sekolah dengan akreditasi A tentu memiliki peluang lebih besar dari sekolah dengan akreditasi dibawahnya. Namun sekali lagi hal tesebut merupakan hak khusus pihak kampus. Pelajari pula kuota masing-masing kampus untuk jenjang seleksi ini. Setiap kampus pasti memiliki kuota berbeda-beda untuk setiap jaur masuknya. Pastikan kamu jangan sampai lupa untuk mencari tahu ya.


Jangan sampai ketinggalan TRY OUT GRATIS SBMPTN dan TRY OUT ONLINE SBMPTN dari Epsilon Phi. Di try out ini kamu bisa melatih kemampuan dengan simulasi ujian yang bis adikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Lalu apa saja sih keunggulan try out online ini? pertama hasilnya real dan dapat dilihat setelah selesai mengerjakan soal dan ada prediksi kelulusannya juga loh. Untuk para peserta Epsilon Phi juga menyediakan perangkingan otomatis dari semua peserta yang mengikuti try out. Selain itu, try out online dari Epsilon Phi juga menyediakan pembahasan soal yang dilengkapi dengan video pembelajaran di setiap soalnya. 

Gimana, keren kan? Makanya buruan ikut try out online dari Epsilon Phi. Info selengkapnya bisa langsung chat ke WhatsApp atau LINE Epsilon Phi




Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close