Jumat, 19 April 2019

Berbagai Tips Agar Tak Gugup Selama Ujian

  • 26/02/2018 12:35 WIB
Berbagai Tips Agar Tak Gugup Selama Ujian
EPSILONPHI.ID - Siapa sih yang nggak panik ketika ujian? Namun tingkat kepanikan dan gugup setiap orang berbeda-beda. Ada yang dengan mudah bisa menghadapai kegugupan mereka, tapi ada juga yang harus berusaha keras agar tak panik ketika mengerjakan ujian.

Nah saat lagi enak-enaknya ngerjain tugas dan tiba-tiba pengawas mengumumkan bahwa ujian tinggal sepuluh menit lagi, biasanya kita langsung panik hingga mengakibatkan semua yang sedang dipikirkan menjadi hilang alias nge-blank.

Nah saat nge-blank inilah biasanya segala ingatan di otak tiba-tiba menghilang. Nge-blank ini bisa terjadi pada siapapun, bahkan nggak kenal waktu loh. Ada yang mengalaminya saat akan mengerjakan soal, saat di tengah-tengah ujian atau malah ketika menjelang akhir ujian. Sayang banget kan kalau udah persiapan matang tapi hari H malah panik dan akhirya nge-blank?

Biar nggak ngalamin serangan panik ketika hari H SBMPTN, kamu bisa coba-cara-cara berikut ini:


1. Seimbangkan belajar dengan aktivitas lainnya

Otak manusia memiliki kapasitas sendiri. Ketika kamu selalu serius dan menggunakan setiap waktu hanya untuk belajar, tentunya otak akan mengalami keadaan dimana kamu akan merasa bosan dan segala sesuatu yang sedang kamu pelajari terasa hambar. Nah ketika otak dan pikiran udah protes, kamu bisa gunakan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas lain yang bisa mengalihkan otak dari rasa bosan.

Aktivitas tersebut nggak harus yang ribet, kamu bisa ajak beberapa temanmu untuk eksplor setiap sudut kota yang belum pernah disinggahi atau mencari berbagai camilan baru khas daerahmu.

Bawa buku keman-mana? Nope, kamu nggak perlu seserius itu, belajar emang penting dan bisa dijadikan lifestyle, namun kamu juga perlu menyibukkan diri dengan memberikan waktu khusus bagi tubuh dan pikiran untuk bersenang-senang, lupakan sejenak pelajaran dan bebaskan dirimu agar kembali fresh ketika harus belajar kembali.

Dengan menyeimbangkan kinerja otak kamu telah membantu tubuhmu untuk memperjuangkan haknya. Jadi jangan memaksa untuk belajar terlalu keras ya, bisa-bisa bukannya tambah cerdas, malah tubuhmu yang lemas.

Baca Juga : Melepas Ketegangan Jelang Ujian, Begini Caranya

2. Pejamkan mata

Ketika lembar soal dibuka terkadang pikiran langsung terserang panik saat menemukan soal-soal yang di luar kemampuan. Nah ketika sedang terserang panik inilah otak bisa langsung nge-blank dan lupa akan semua yang telah dipelajari. Jika kamu terserang panik saat ujian SBMPTN, pejamkan mata sejenak dan tarik napas secara perlahan hingga degup jantung berkurang. Kemudian senderkan tubuhmu dalam posisi tegak atau cari posisi duduk yang paling nyaman. Rasa nyaman akan membuatmu lebih rileks saat harus berhadapan dengan soal-soal nantinya.


3. Memijat tangan

Selain memejamkan mata kamu bisa mencoba untuk memijat tangan saat panik. Memijat lembut telapak tangan akan mengurangi gugup. Bagian yang perlu dipijat adalah bagian antara ibu jari dan jari telunjuk. Pijat bagian tersebut dengan lembut dan perlahan hingga perasaan panik tersebut mulai menghilang dan kamu mulai tenang.


4. Lihat sekeliling

Cara lain yang bisa mengurangi kegugupan ketika ujian SBMPTN adalah dengan memperhatikan peserta lain. Perhatikan gerak-gerik mereka ketika membaca soal dan dan raut wajahnya bila perlu. Dengan melihat ke lingkungan sekitar saat ujin bisa membantumu melawan stress di
awal waktu ujian. Melihat sekeliling akan membuatmu terbawa suasanan ujian sehingga otak akan bisa diajak bekerja sama.

Baca Juga : Ujian Nasional Atau SBMPTN? Mana yang Harus Diprioritaskan?

5. Menulis

Ketika tegang tangan sering bergetar dan akan menyulitkan kita saat akan menuliskan jawaban. Ketika hal ini melanda cobalah untuk menuliskan sesuatu di lembar soal yang disediakan entah itu coiretan atau rumus-rumus yang telah dipelajari. Menulis akan membuat tangan kembali tenang dan akan memudahkanmu selama ujian berlangsung.

  • Author:
  • Tags
Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close