Kamis, 27 Juni 2019

10 Tips Memilih Jurusan Kuliah

  • Selka Oktamia
  • 28/05/2019 09:22 WIB
10 Tips Memilih Jurusan Kuliah
EPSILONPHI.ID - Memilih jurusan kuliah bukan perkara yang sederhana. Bisa dibilang, menentukan jurusan kuliah seperti menentukan masa depan dan pekerjaanmu. Jadi menentukan jurusan kuliah akan mepengaruhi kehidupan yang akan kamu jalani kelak.
Tapi bagaimana kalau kamu belum tahu ingin jadi apa nanti di masa depan? Lalu bagaimana caranya memilih jurusan kuliah saat kamu belum tahu mau jadi apa? Berada di jurusan yang salah bisa membuatmu stres dalam menjalani kehidupan perkuliahan lhoo... jadi jangan sampai salah memilih. Nah berikut adalah 10 tips yang bisa membantu kamu dalam memilih jurusan :

  • Follow your passion

Kunci dari memilih jurusan kuliah adalah mengetahui apa yang benar-benar kamu sukai. Tak hanya soal mata pelajaran sekolah, tapi juga aspek lainnya yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan materi pelajaran. Hal ini akan menjadi panduan kamu dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi.

  • Pahami potensi diri

Selain mengetahui hal-hal yang disukai, kamu juga harus mengenal dan mengetahui potensi diri. Terkadang, potensi diri ini tidak selalu sejalan dengan minat dan passion. Tapi mampu memberimu panduan dalam menentukan jurusan yang akan dipilih. Potensi diri juga bisa berhubungan langsung dengan minat kamu.

  • Jangan ikut-ikutan pilihan teman

Nah, ini penting buat kamu yang masih bimbang dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi. Jangan pernah mengambil jurusan karena sedang menjadi tren atau karena banyak dipilih oleh teman. Karena, seperti dijelaskan di poin sebelumnya, pemilihan jurusan harus berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki. Jangan sekadar ikut pilihan teman, yang justru nantinya hanya menjerumuskan.
 
  • Cari kelebihan dan kekurangannya

Sebenarnya ada satu cara sederhana untuk menentukan jurusan di perguruan tinggi. Ya, Cari kelebihan dan kekurangan dari jurusan yang akan kamu pilih. Jangan hanya kelebihan saja ya. Karena ini akan membuat kamu terbuai dan tidak menyadari kesulitan yang akan kamu hadapi saat kuliah nanti. Lakukan riset terhadap jurusan yang diminati. Mulai dari jumlah siswa yang diterima, mata kuliah utama, hingga jumlah sks yang harus dipenuhi. Pastikan Anda kamu memang sanggup mengikuti setiap mata kuliah yang akan didapat saat diterima di jurusan tersebut.
 
  • Ketahui tingkat akreditasi jurusan

Satu hal yang tak boleh lewat saat memilih jurusan kuliah adalah tingkat akreditasi dari jurusan tersebut. Terutama jika kamu akan memilih jurusan di perguruan tinggi swasta. Tingkat akreditasi ini akan memberi gambaran tingkat kredibilitas dari jurusan tersebut.
Semakin tinggi akreditasi yang dimiliki jurusan tersebut, semakin bagus untuk Anda pilih. Karena tingkat kepercayaan jurusan tersebut di masyarakat pun akan tinggi.
Jangan lupa, tingkat akreditasi jurusan ini akan memengaruhi penilaian dari perusahaan saat kamu melamar pekerjaan kelak. Termasuk juga saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

  • Perhatikan peluang kerja selesai kuliah

Sasaran yang dituju saat selesai kuliah oleh para calon mahasiwa mayoritas memang menjadi pekerja atau karyawan. Akan lebih baik jika nanti bisa bekerja di perusahaan besar yang memang menjadi impian.
Nah, untuk itu perhatikan juga jurusan yang akan kamu pilih. Apakah jurusan tersebut memang memberi peluang kerja yang cukup besar atau tidak? Apakah kelak ada banyak perusahaan yang akan membutuhkan jasa  kamu sebagai sarjana dari jurusan tersebut?

  • Pantau situasi global

Di era globalisasi sekarang ini kamu juga harus pintar mengikuti dan memahami arah perubahan di dunia. Termasuk juga saat akan memilih sebuah jurusan di perguruan tinggi.
Apa yang menjadi tren di dunia dan Indonesia saat ini menjadi salah satu patokan saat akan melanjutkan pendidikan.Tapi cermati juga apakah tren tersebut akan bertahan dalam 5-10 tahun ke depan? Sehingga saat selesai kuliah nanti, ada banyak pekerjaan yang siap menampungmu.


  • Tags

Related Posts

Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close