Sabtu, 23 Maret 2019

Jangan Salah, Tumbuhan juga bisa berkomunikasi

  • Selka Oktamia
  • 15/02/2019 16:21 WIB
Jangan Salah, Tumbuhan juga bisa berkomunikasi
EPSILONPHI.ID - Seperti kita ketahui, setiap organisme pada ekosistem memiliki hubungan keterkaitan dan dapat saling berinteraksi satu sama lain. Bentuk interaksi tersebut salah satunya ditunjukkan dengan cara saling berkomunikasi. Contoh komunikasi misalnya manusia berbicara satu sama lain, harimau mengaum untuk menakuti mangsanya, burung jantan berkicau untuk menarik perhatian burung betina, dsb. Komunikasi biasanya lebih identik dilakukan oleh manusia ataupun hewan, tapi tahukah kamu bahwa tumbuhan pun juga bisa melakukan komunikasi?

Bukti yang ada menunjukkan bahwa tumbuhan dapat benar-benar berkomunikasi, bahkan lebih dari satu cara. Tumbuhan tidak dapat bergerak atau bersuara nyaring seperti manusia ataupun hewan, oleh karena itu mereka memiliki cara tersendiri untuk bertahan hidup dan saling berkomunikasi. Tumbuhan umumnya menggunakan sinyal kimia sebagai bahasa komunikasi dengan sesamanya. James Cahil, seorang ahli ekologi dari University of Alberta, melakukan pengamatan mengenai hal tersebut dan menemukan hal yang cukup mengejutkan. Berikut ini beberapa diantaranya.  

Tumbuhan dapat mengenali saudara mereka
Tumbuhan dapat merasakan jika ada keluarga mereka yang tumbuh di sekitar mereka. Tumbuhan cenderung saling mendukung keluarga mereka. Itulah mengapa menanam lebih banyak dapat memotivasi tumbuhan lainnya untuk tumbuh lebih baik. Contoh dari hal tersebut adalah padi dan gandum.

Tumbuhan memiliki perasan dan dapat saling memberi peringatan
Tumbuhan dapat memahami sinyal dari sesamanya dan bahkan seolah “menangis” jika mengetahui salah satu temannya didekati oleh serangga yang sedang lapar.  banyak studi mendukung gagasan bahwa tumbuhan akan meningkatkan proteksi setelah mengetahui temannya telah rusak oleh hama. Proteksi tersebut misalnya dengan cara mengurangi memasak makanan (fotosintesis), agar daun mereka menjadi kerdil dan tidak menarik bagi ulat.

Tumbuhan dapat meminta bantuan hewan
Hasil studi terhadap tembakau memperlihatkan hal tersebut. Tumbuhan tembakau dapat memancarkan sinyal kimiawinya untuk memanggil serangga pemakan ulat seperti kumbang besar untuk menyingkirkan ulat hornworm yang biasanya mengerogoti daun tembakau. Tumbuhan dapat mengenali hama yang mengganggu mereka berdasarkan air liur yang ditinggalkan hama.
 


Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close