Minggu, 24 Februari 2019

Upaya Memindahkan Ibu Kota Indonesia melalui Lokomotif Uap

  • Selka Oktamia
  • 04/01/2019 16:22 WIB
Upaya Memindahkan Ibu Kota Indonesia melalui Lokomotif Uap

EPSILONPHI.ID - Pada Tahun 1946, Yogyakarta pernah menjadi ibukota dari pemerintahan Indonesia. Tepatnya ketika kedatangan Belanda yang menggandeng Sekutu (NICA) berupaya merebut kembali Indonesia. Situasi pusat pemerintahan Indonesia saat itu di Jakarta (saat itu Batavia) yang tidak kondusif karena Pasukan Sekutu (AFNEI, Allied Forces in Netherlands East Indies), yang diboncengi Belanda dengan nama NICA (Netherlands Indies Civil Administration) mulai melakukan razia-razia dan penangkapan atas pejuang kemerdekaan Indonesia. Situasi pusat pemerintah yang tidak aman membuat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam VIII pada tanggal 2 Januari 1946 memberikan alternatif agar ibukota dipindahkan ke Yogyakarta.

Presiden Soekarno kemudian memberikan perintah rahasia kepada Balai Yasa Manggarai untuk segera menyiapkan rangkaian kereta api demi menyelamatkan para petinggi negara. Transportasi kereta api dipilih mengingat jalur-jalur keretalah yang dianggap relatif aman karena jalan di sudut-sudut kota dibawah pengawasan NICA.

Pada tanggal 3 Januari 1946 malam hari, sebuah lokomotif uap C.28 49 dan 8 kereta penumpang buatan Henschel (Jerman) dengan masinis Hoesein yang dibantu oleh stoker (juru api) Moertado dan Soead berhasil membawa hijrah Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta beserta beberapa menteri/staf ke Yogyakarta menggunakan jalur Pegangsaan Timur - Manggarai - Jatinegara - Bekasi - Cikampek - Cirebon - Purwokerto - Kroya - Kutoarjo – dan berakhir di Yogyakarta (Stasiun Tugu). Rombongan Presiden Sukarno dijemput langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX, Sri Pakualam VIII, Panglima TKR Jenderal Soedirman, serta para pejabat tinggi negara yang sudah lebih dahulu berada di Yogyakarta dan segenap rakyat kawula Yogyakarta. Pada tanggal 4 Januari 1946  ibukota NKRI resmi pindah ke Yogyakarta.



Or use your account on Blog

Error message here!

Hide Error message here!

Forgot your password?

Or register your new account on Blog

Error message here!

Error message here!

Hide Error message here!

Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link to create a new password.

Error message here!

Back to log-in

Close